Penyakit Diabetes Dan Bagaimana Cara Pengobatannya

Penyakit Diabetes Dan Bagaimana Cara Pengobatannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggJ5MNo-IvcJ-4rI8s9mdm3zBqK-kc2yp94f6EkdbVJiMA0hZwg5vsPQekiuHO4Wg1SBDa_nuQqqlZph2DpNVO1oow4K27cXGcIKpdWru2IBAp7HtEn1lfGNkKkXcJaA0lE0LiVp2usxE7/s72-c/Diabetes%252C+Gejala%252C+penyebab+dan+mengobati.png
Tasbih Scalar Energy Distributor Obat Herbal Diabetes - Diabetes melitus memang bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Namun, memiliki diabetes bukan berarti Anda tidak bisa hidup dengan normal. Anda tetap bisa aktif menjalani rutinitas harian dengan terus menjaga kadar gula darah tetap normal. Selain perubahan pola hidup yang lebih sehat, pengobatan dengan pil, suntik insulin, dan obat alami turut menjadi solusi untuk mengendalikan gejala serta mencegah komplikasi diabetes melitus yang berbahaya.

Diabetes, Gejala, penyebab dan mengobati

Kapan pengobatan diabetes melitus diperlukan?
Minyak Ajaib Scalar Energy - Diabetes melitus merupakan penyakit yang terdiri dari kumpulan gejala yang disebabkan oleh tingkat gula (glukosa) dalam darah yang tinggi. Oleh sebab itu, tujuan pengobatan yang utama untuk penyakit kencing manis ini adalah mengendalikan kadar gula dalam darah dalam rentang normal.

Pengobatan untuk penderita diabetes dapat berbeda-beda bergantung dengan kondisi kesehatan, keparahan gejala diabetes, usia, toleransi obat di dalam tubuh, dan jenis diabetes yang dialami.

Penyebab utama penyakit diabetes tipe 1 adalah kurang atau tidak adanya produksi hormon insulin yang bertugas membantu penyerapan gula darah menjadi energi di dalam sel-sel tubuh.

Kondisi ini menyebabkan penderita diabetes tipe 1 harus menjalani pengobatan dengan obat insulin untuk menggantikan hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, tidak semua penderita diabetes tipe 2 perlu mengonsumsi obat-obatan termasuk terapi insulin untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Pengobatan untuk diabetes tipe 2 dibutuhkan ketika hasil diagnosis diabetes menunjukkan kadar gula darah yang terlanjur tinggi. Begitu pun saat kadar gula darah tidak juga terkendali meskipun telah menerapkan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Pilihan pengobatan untuk diabetes melitus
Berikut ini adalah berbagai pengobatan yang efektif untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah komplikasi untuk penderita diabetes:

Terapi insulin
Terapi insulin merupakan pengobatan utama diabetes melitus tipe 1. Insulin sendiri merupakan hormon yang diproduksi di dalam pankreas. Seperti yang telah dijelaskan, pengobatan melalui insulin dibutuhkan ketika pankreas tidak mampu memproduksi insulin.

Dilansir dari American Diabetes Association, insulin juga bisa menjadi pilihan pengobatan untuk diabetes tipe 2 dalam kondisi tubuh tidak dapat menggunakan dengan optimal.

Banyak jenis insulin yang digunakan untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam pengobatan diabetes. Jenis insulin dibedakan berdasarkan seberapa cepat insulin bekerja dan seberapa lama insulin dapat mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut beberapa jenis insulin untuk diabetes melitus yang perlu Anda ketahui.

Insulin efek langsung
Insulin efek langsung juga disebut dengan rapid-acting insulin bekerja sangat cepat dalam menurunkan kadar gula darah tubuh. Biasanya, insulin jenis ini bekerja sekitar 15 menit setelah disuntikan dan dapat bertahan selama 3-5 jam.

Insulin efek singkat
Insulin jenis ini dapat menurunkan kadar gula darah relatif cepat, namun tidak secepat rapid-acting insulin. Biasanya, pemberian insulin dilakukan 30-60 menit sebelum makan. Insulin ini dapat mempertahankan gula darah normal selama 5-8 jam. 

Insulin efek lama
Insulin jenis ini dapat bekerja selama seharian. Biasanya, insulin ini digunakan pada malam hari dan hanya membutuhkan satu kali suntikan saja per hari. Beberapa contoh insulin yang memiliki efek lama.

Dokter mungkin akan meminta Anda menggunakan insulin sebelum atau sesudah makan. Selain itu, banyaknya insulin yang diperlukan pada setiap orang juga bisa berbeda. Hal ini disesuikan dengan usia, kondisi pasien, aktivitas fisik, serta seberapa parah penyakit diabetes yang Anda alami.

Terapi insulin untuk diabetes tersedia dalam beberapa alat dengan cara penggunaan insulin yang berbeda-beda dan yang paling umum adalah insulin sutik, tapi Anda juga bisa menggunakan insulin pen atau pompa insulin. alat insulin lainnya yang kurang umum adalah insulin hisap, port insulin, dan jet injector.

Obat-obatan untuk diabetes
Keseimbangan kadar gula darah pada diabetes dalam beberapa kondisi sulit dikendalikan melalui penerapan pola makan sehat dan olahraga teratur. Oleh karena itu, diabetesi terutama penderita diabetes tipe 2 membutuhkan obat-obatan untuk mengatasinya.

Ada beberapa jenis obat – biasanya dalam bentuk tablet, tapi ada pula yang diberikan melalui suntikan – yang dapat digunakan untuk diabetes. 

Sebagian besar pengobatan pada penderita diabetes tipe 2 menggunakan golongan obat biguanid yaitu metformin. Obat ini bekerja dengan menurunkan glukosa yang diproduksi di dalam hati sekaligus membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga gula lebih mudah diproses oleh sel-sel tubuh menjadi energi.

Pengobatan diabetes melitus bisa dilakukan dengan satu jenis obat. Namun apabila tidak efektif, pengobatan kombinasi perlu dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis obat diabetes.

Obat diabetes lainnya bisa bekerja dengan cara yang berbeda dalam mengendalikan gula darah. Obat-obatan lainnya yang umum digunakan mengobati diabetes di antaranya adalah:

Sulfonilurea
Pioglitazone
Gliptin
Agonis
Acarbose
Nateglinide
Repaglinide


Sebaiknya Anda tidak sembarangan menghentikan konsumsi obat diabetes atau meminum diluar dosis yang telah ditentukan.

Dokter yang kemudian akan menentukan apakah pengobatan diabetes melitus berhasil mengendalikan gula darah dan kapan Anda boleh berhenti atau tidak. Anda biasanya tak perlu lagi mengonsumsi obat diabetes apabila hasil pemeriksaan diabetes telah menunjukan:

Hasil tes hemoglobin A1C  kurang dari 7%
Hasil gula darah puasa di pagi hari kurang dari 130 mg/dL
Hasil gula darah postprandial atau dua jam setelah makan harus kurang dari 180 mg/dL

Pengobatan pelengkap
Ada pun pengobatan dibetes alternatif yang dapat melengkapi dan mendukung pengobatan utama.

Pengobatan pelengkap ini terdiri dari penggunaan obat diabetes alami melalui tanaman herbal dan bahal tradisional seperti gingseng, kayu manis, dan daun insulin. Pengobatan alami diabetes dapat membantu mengatasi gejala diabetes dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan obat diabetes alami. Pasalnya, tidak semua pengobatan alami memberikan hasil efektif untuk setiap orang. Bagi pasien yang memiliki alergi atau penyakit kronis seperti hipertensi dan jantung bisa berisiko mengalami reaksi berbahaya.

Oleh karenanya, selalu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat diabetes alami.

Di samping itu, tentunya pengobatan diabetes melitus baik dengan terapi insulin, obat-obatan medis, dan bahan alami harus tetap dibarengi dengan pola hidup yang dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

Perubahan kebisasaan sehat yang bisa dilakukan diabetesi dalam kehidupan sehari-hari adalah:
Pola makanan sehat dan teratur
Makan dalam porsi seimbang dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi adalah kunci aturan makanan yang tepat untuk diabetes. Selain itu, mengontrol gula darah bukan berarti mengurangi bahkan melewatkan jadwal makan. Pola makan yang tidak teratur justru menyebabkan kadar gula darah malah semakin tidak stabil sehingga 

Olahraga
Pengobatan diabetes yang diaberengi dengan olahraga rutin dapat membantu kerja hormon insulin sehingga bisa lebih mudah menurunkan gula darah. Pada penderita yang mengalami kelebihan berat badan, melakukan olahraga untuk diabetes juga dapat membantu mencapai berat badan ideal. 

Tes gula darah Anda setiap hari
Penderita diabetes juga perlu secara rutin memeriksa kadar gula dalam darah. Bagi diabetesi yang menjalani pengobatan diabetes dengan insulin, perlu untuk cek gula darah lebih sering dalam sehari. Konsultasikan dengan dokter berapa kali dan kapan perlu cek gula darah setiap harinya.
Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Redesigned :Tukang Toko Online
Copyright © 2011. Obat Herbal Multiguna Scalar Energy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger